Minggu, 31 Januari 2010

SEJARAH TAMAN KARYA

SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen merupakan sekolah yang berada di bawah Majelis Luhur Yayasan Perguruan Tamansiswa Yogyakarta. pada awalnya Perguruan Tamansiswa Cabang Kebumen hanya memiliki satu bagian yaitu Taman Dewasa (SMP) yang didirikan oleh para gerilyawan yang turun gunungpada tahun 1950, dengan hanya memiliki satu kelas dengan meminjam rumah di Jl. Klenteng sebagai ruang kelas. Baru pada tahun 1951 Perguruan Tamansiswa Cabang Kebumen diresmikan sebagai Cabang Persatuan Tamansiswa yang berpusat di Yogyakarta dengan nomor 31.

Sekilas Tentang SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen

Taman Dewasa ( SMP ) pada tahun 1951 mulai berkembang dengan menggunakan lokasi di Jl. Klenteng dan Jl. Merdeka sebagai ruang kelas. Setelah dapat membeli puing - puing di Jl. Merdeka 41 dan kemudian diperbaiki, sekarang kita kenal dengan Jl. Mayjen Sutoyo 9. Pada tahun 1958 Perguruan Tamansiswa Cabang Kebumen membuka bagian baru yaitu Taman Madya ( SMA ), akan tetapi mengalami kemunduran. Kemudian untuk mengembangkan cabang, maka pada tahun 1968 Taman Dewasa ( SMP ) beralih fungsi menjadi Taman Karya Dewasa ( ST ) dan mendapat limpahan siswa dari ST Pancasila.

Pada tanggal 1 Januari 1968 didirikanlah Taman Karya Madya Teknik ( STM ), yang diawali dengan membuka jurusan Bangunan Gedung dan memperoleh 2 kelas. pada tahun 1971 dibukalah jurusan baru yaitu jurusan Listrik. Pada tahun 2001 / 2002 SMK Taman Karya Madya Teknik membuka jurusan baru yaitu Teknik Mesin dengan program keahlian Teknik Mekanik Otomotif. setelah Perguruan Tamansiswa menyediakan lokasi baru di Jl. Cincin Kota No. 18 Karangsari, Kebumen, ternyata jurusan baru ini menyedot animo masyarakat yang cukup besar. Pada awal tahun 2001 siswa baru mencapai 7 kelas. dan pada tahun pelajaran 2006 / 2007 dapat menerima siswa sebanyak 20 kelas yang merupakan pencapaian terbesar dengan perincian 2 kelas Teknik Instalasi Listrik dan 18 kelas Teknik Mekanik Otomotif.

Pada tahun pelajaran 2008/2009 telah menambah ruang kelas untuk siswa sebayak 20 kelas dan pada tahun pelajaran 2009/2010 mendapatkan pendaftar Siswa sebanyak 20 kelas.

- Ki Hadjar Dewantara -

Bila Engkau melihat anak bangsa, lihatlah sebagaimana mawar, jikaengkau melihat janganlah engkau pandang durinya, sebab jika engkau pandang durinya engkau akan membayangkan tempat sampah dan lubang pembakarannya; maka lihatlah mawarnya, dan jika engkau melihat mawarnya maka engkau akan menjadi penjaga taman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar